Kemenag Tegaskan Komitmen Pembangunan Kampus 2 IAIN Palu

Kementerian Agama (Kemenag) RI, melalui Sekretaris Jenderal, Nur Syam, mengungkapkan komitmen negara melalui Kemenag untuk mengembangkan pendidikan Islam di Sulawesi Tengah melalui dukungan pembangunan kampus 2 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu di Desa Pombewe Kab. Sigi.

Hal ini ia sampaikan di hadapan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapata, dan Rektor IAIN Palu, Zainal Abidin, beserta seluruh peserta yang hadir pada acara peletakan batu pertama pembangunan kampus 2 IAIN Palu.

“Kemenag menginginkan agar seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKAIN) termasuk IAIN Palu berkembang pesat,” ungkap Nur Syam, sebagaimana dimuat oleh media daring, Antarasulteng.com, Jumat (9/5).

Berdoa untuk pembangunan kampus 2 IAIN Palu. Dari kini ke kanan: Rektor IAIN Palu, Zainal Abidin, Bupati Kab. Sigi, Mohammad Irwan Lapata, Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI, Nur Syam.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya, Nur Syam menyatakan apresesianya yang tinggi terhadap peran aktif pemerintah daerah melalui Gubernur Sulteng dan Bupati Kab. Sigi. Ia mengharapkan agar kemitraan yang baik antara IAIN Palu dengan pemerintah daerah terus dipelihara, karena civitas akademik tidak mungkin bekerja sendiri tanpa dukungan pemerintah setempat.

“Apa yang dilakukan oleh IAIN Palu hari ini masih dalam tahap awal. Idealnya, kampus harus memiliki lahan yang luas. Bila Gubernur dan Bupati memberikan 100 hektare lahan untuk IAIN Palu, maka hal ini telah cukup bagi kami untuk pembangunan kampus,” jelasnya.

Nur Syam yang juga pernah menjabat Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya ini mengharapkan Pemerintah Kab. Sigi dapat membantu ketersediaan lahan di atas dengan memberikan Hak Guna Usaha kepada IAIN Palu demi pembangunan sumber daya manusia masyarakat di wilayahnya lewat pendidikan tinggi Islam.

Sementara itu, bagi Rektor IAIN Palu, pembangunan kampus 2 di Kabupaten Sigi adalah bagian dari ikhtiarnya untuk memperkuat pendidikan Islam dan pembangunan masyarakat di Sulawesi Tengah.

Ia berharap agar pembangunan ini dapat menjadi cikal-bakal peralihan status IAIN ke UIN Palu. “Pembangunan kampus 2 IAIN Palu yang didanai dari SBSN senilai Rp 35 miliar ini merupakan satu dari sekian banyak rentetan upaya dan kerja keras yang telah dilakukan guna mengingkatkan status IAIN ke UIN,” ujar Zainal Abidin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *